Easter Egg dari Google

 

Easter Eggs From Google

(image : Premium Tech Tips)

Pencarian Google (Google Search) sudah terkenal dan diandalkan sebagai mesin pencari yang banyak digunakan orang di seluruh dunia. 

Namun tahukah kamu? Ternyata Google juga menyimpan easter eggs (fitur tersembunyi) di mesin pencarinya itu lho.


Menurut Wikipedia, Easter Eggs merupakan pesan, gurauan, atau fitur tersembunyi dalam program komputer, halaman web, gim video, film, buku, atau teka teki silang. Tujuannya tak lain menghibur pengguna, dengan memberi kejutan menyenangkan yang tak disangka-sangka.


Easter egg yang dimiliki google berupa kata rahasia yang diketik pada kolom pencarian, setelah itu akan muncul tampilan yang tak biasa. Bisa berupa game kecil, tool aksesibilitas, lelucon atau fitur tak terduga lainnya. 


Berikut contoh easter eggs yang dimiliki pencarian google : 


  1. Askew 

Ketika kamu mengetik kata "Askew" pada kolom pencarian. Sesuai dengan artinya, maka tampilan layar hasil pencarian akan menjadi miring. 





  1. Do a Barrel Roll 

Ketik kata "Do a Barrel Roll" Di kolom pencarian. Hasilnya akan menampilkan layar browser yang berputar 180 derajat.




  1. Google Gravity chrome experiments

Caranya ketik "Google Gravity" di kolom pencarian lalu klik "I'm feeling lucky" (saya merasa beruntung). 



Namun jika tampilan google Anda tidak mendukung cara seperti di atas, klik langsung link berikut 

https://mrdoob.com/projects/chromeexperiments/google-gravity/ 


Seperti biasa, Google akan menampilkan halaman utamanya. Tunggu sebentar dan perhatikan baik-baik. Google akan menciptakan visual seolah terkena pengaruh gravitasi. Semua ikon di halaman utama Google akan jatuh. Kamu dapat memutar handphone-mu atau memiringkannya ke segala arah, maka ikon-ikon tersebut akan mengikuti dan terjatuh ke sisi bagian bawah. 

Itu adalah visualisasi dari gravitasi tersebut, tapi semuanya tetap berfungsi seperti normal. 








  1. Zerg Rush

Kata kunci ini menampilkan sebuah mini game

Setelah mengetik kata "Zerg Rush" dan menekan enter, tampilan laman Google akan berubah menjadi arena permainan. Namun pada perangkat lain, game tersebut tidak akan langsung muncul. Oleh karena itu, kamu bisa mengetik postingan pertama di hasil pencarian. Di sanalah kamu bisa memulai game-nya. 




Permainannya mudah, bahkan sangat mudah dibanding game dinosaurus saat chrome offline. Kamu hanya perlu menembak huruf O di sepanjang laman. Maka hasil pencarian yang ditampilkan akan hilang seketika. Setelah itu, huruf-huruf O itu akan bergabung dan membentuk kata GG, sebagai tanda bahwa kamu telah menyelesaikan permainannya.  






  1. Kalkulator 

Mungkin kamu sudah tahu dengan yang satu ini. Kamu tinggal mengetik "kalkulator" di kolom pencarian, dan muncullah tampilan kalkulator yang bisa kamu gunakan sebagaimana kalkulator pada umumnya. 



  1. Google Beatbox

Copy teks berikut :

pv zk pv pv zk pv zk kz zk pv pv pv zk pv zk zk pzk pzk pvzkpvpvzk kkkkk bsch.

Lalu pergi ke mesin pencarian dan ketik "Translate bahasa Indonesia ke bahasa Jerman". Setelah itu, paste teks tersebut di kolom "masukkan teks". Lalu nyalakan audio penerjemah. Dengarkan apa yang akan disuarakan si lady google nantinya. Siapa sangka, ternyata dia bisa beatbox juga, ya ... Haha.




7. Snake Game

Seperti sebelumnya, kamu hanya tinggal mengetik kata "Snake Game" maka akan muncul tampilan seperti ini. Lalu klik mainkan. Selamat mencoba!! 






Oke, itu dia beberapa contoh fitur tersembunyi dari Google Search. Sebenarnya masih ada lagi lho fitur lainnya. Namun kali ini aku membagikan 7 saja. Kalau mau lebih banyak lagi, kamu bisa mencari di sumber lainnya. Seperti 3 referensi yang aku pakai berikut : 


https://www.premiumtechtips.com



https://sumsel.tribunnews.com


Nah, di sana ada fitur lain yang belum aku beri tahu, silakan dicek!


Oke, sekian dari aku. Maaf kalau ada kesalahan atau kekurangan. Terimakasih. Semoga bermanfaat. 





©devitirta2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jajanan Jalanan dan Sejarahnya

Mengenal Lifestraw, Alat Filter Air yang Praktis

Mengenal Polycoria, Satu Mata Memiliki Dua Pupil atau Lebih